Breaking News
Loading...
Senin, 01 April 2013

Pengaduan BOS

Keterangan :
yang dimaksud dengan status pengaduan adalah progres penanganan pengaduan (proses / selesai)


SMS Pengaduan 1771

Di Posting Tanggal 17/01/2013, 05:01:18 oleh Complaint Handling Team
Telah tersedia nomor SMS '1771' untuk menyampaikan Saran, Pertanyaan, Keluhan/Pengaduan mengenai BOS. Ketik: BOS [Nama Sekolah]#[Provinsi/Kabupaten/Kota/Kecamatan lokasi sekolah]#[Isi Pesan]. 
Contoh: "BOS SD 105 Timuran#Jawa Tengah/Solo/Banjarsari#Apa tugas Komite Sekolah dalam pengelolaan BOS?" dan kirim SMS ke 1771 dengan biaya normal.  Untuk respon bisa dilihat di http://bos.kemdikbud.go.id/pengaduan

Layanan Masyarakat sebagai Keharusan Karena sesungguhnya “A Complaint is A Gift”

Di Posting Tanggal 21/12/2011, 16:19:14 oleh Complaint Handling Team
Proses bermasyarakat dan bernegara yang terpupuk dari tahun ke tahun telah mendidik kita, --disadari atau tidak, resisten dengan kritik. Kritik masih dipandang sebagai refleksi dari ketidaksukaan seseorang akan sesuatu. Kritik juga dipahami sebagai salah satu cara untuk menjatuhkan pihak tertentu.  Namun, benarkah kritik hanya bermakna negatif?
Dalam sebuah   buku yang berjudul “ A Complaint as A Gift”  karya Janelle Barlow dan Claus Moller diutarakan bahwa dalam dunia bisnis, complaint adalah informasi  berharga yang dapat digunakan sebagai dasar bagi peningkatan produksi atau kualitas layanan. Komplain  yang masuk adalah gambaran tentang persepsi masyarakat akan kualitas produk/jasa yang kita berikan, sehingga menjaring sebanyak mungkin komplain akan berarti perolehan data berharga, yang akan mengurangi beban survey kualitas produk.
Tidak berbeda dengan kacamata bisnis, komplain atau pengaduan terhadap pelaksanaan program (sebagai produk servis pemerintah) sudah selayaknnya dipandang sebagai barang berharga, dan membangun sistem pengelolaan pengaduan dapat dipandang  dari beberapa segi:
  • Pembangunan ruang bagi pengaduan masyarakat secara filosofis berarti  bahwa pemerintah telah membuka ruang  dan hak bagi publik untuk mendapatkan informasi tentang pelaksanaan pembangunan, sekaligus sebagai ruang komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah-nya.
  • Adalah alat kontrol masyarakat untuk menjaga kualitas layanan.  Tentu ini sebagai pelengkap dari mekanisme kontrol yang telah dibangun oleh institusi pemerintah melalui audit.  Jika audit adalah media pengawasan dari sisi supply, maka pengawasan oleh masyarakat melalui penyampaian pengaduan adalah mekanisme kontrol dari sisi demand.
  • Tidak ada satu orang-pun yang dapat mengontrol masyarakat kemana mereka harus melapor.  Membuka ruang komunikasi langsung kepada masyarakat akan juga berarti meminimalisir terjadinya blunder informasi, karena masyarakat langsung berkomunikasi pada sumbernya serta mencegah penyebaran/perluasan permasalahan karena bisa langsung ditindaklanjuti.
Sumber: http://bos.kemdiknas.go.id/pengaduan/

 

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2013 INFO GTK 2 All Right Reserved