Breaking News
Loading...
Rabu, 05 Juni 2013

Tentang EDS

Evaluasi Diri Sekolah (EDS) telah dilaksanakan sejak tahun 2010 oleh Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan (PPMP) BPSDMPK-PMP. Program EDS dilaksanakan secara periodik setiap tahun dengan mendistribusikan instrumen kuisoner kepada responden di setiap sekolah. Hasil dari pengisian instrumen kuisoner tersebut menjadi dasar dari proses analisa mutu pendidikan mulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi hingga tingkat nasional.

Pada tahun 2010 program EDS melibatkan 10.000 sekolah, pada tahun 2011 melibatkan 29.000 sekolah, pada tahun 2012 melibatkan 39.000 sekolah. Pada tahun 2013 ini direncanakan melibatkan seluruh sekolah se-Indonesia dari mulai jenjang SD, SMP, SMA dan SMK baik negeri dan swasta khususnya dibawah naungan Kementrian Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan.


Program EDS 2013

Mulai tahun 2013, pelaksanaan EDS menjadi salah satu bagian dari Layanan Sistem Informasi PADAMU NEGERI BPSDMPK-PMP Kemdikbud. Instrumen Kuisoner EDS didistribusikan untuk dapat diisi secara online langsung dari Internet oleh para responden, antara lain: Kepala Sekolah, Pendidik (Guru), Tenaga Kependidikan (Staf), Peserta Didik (Siswa) dan Komite Sekolah. Data para responden dijaga kerahasiannya oleh sistem dan hasil isian instrumennya secara otomatis akan tersimpan terpusat di server Layanan Sistem Informasi PADAMU NEGERI.

Setiap Sekolah akan diberikan akun login ke Layanan Sistem Informasi PADAMU NEGERI. Pihak Sekolah selanjutnya dapat membuat dan mendistribusikan akun login kepada para kepala sekolah, guru, staf, siswa dan komite sekolah agar dapat mengakses dan berpartisipasi aktif mengisi instrumen kuisoner EDS masing-masing secara online.

Hasil analisa dari isian instrumen kuisoner EDS akan disediakan secara online untuk dapat diakses oleh setiap sekolah, dinas pendidikan kabupaten/kota, dinas pendidikan provinsi dan direktorat Kemdikbud. Seluruh informasi tersebut dapat diakses melalui Layanan Sistem Informasi PADAMU NEGERI di http://padamu.kemdikbud.go.id

Sumber: http://padamu.kemdikbud.go.id

Tambahan Informasi tentang EDS Tahun 2013 dari LPMP Jawa Barat

 “Program Pendampingan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) yang telah dilaksanakan selama tiga tahun terakhir, pada tahun 2013 ini akan dilaksanakan pada seluruh satuan pendidikan di Jawa Barat, jenjang pendidikan SD, SMP, SMA dan SMK atau kurang lebih 28.000 satuan pendidikan,” demikian Ibno Subandi, SH, MM, selaku Kepala Seksi Pemetaan Mutu dan Supervisi (PMS) LPMP Jawa Barat.

Rencananya, Program Pendampingan EDS, yang dalam dua tahun terakhir ini dilaksanakan melalui pendampingan secara langsung ke sekolah melalui pengawas di Dinas Pendidikan setempat, tahun ini akan diselenggarakan berupa pelatihan terhadap para pengawas dinas pendidikan, dengan harapan pengawas tersebutlah yang mendampingi sekolah. Itu artinya, pada tahun ini, tanggung jawab daerah (kabupaten/kota) semakin besar pada program ini, karena LPMP tidak akan mendampingi sekolah secara langsung untuk melaksanakan proses evaluasi diri sekolah internal tersebut.

EDS, sebagai salah satu bagian sistem penjaminan mutu pendidikan, seharusnya menjadi program prioritas setiap satuan pendidikan, hal ini berdasarkan pada PP No. 63 Tahun 2009 pasal 1-2 “Penjaminan mutu pendidikan adalah kegiatan sistemik dan terpadu oleh satuan atau program pendidikan, penyelenggara satuan atau program pendidikan, pemerintah daerah, Pemerintah, dan masyarakat untuk menaikkan tingkat kecerdasan kehidupan bangsa melalui pendidikan.” 

Disamping itu, dari hasil EDS tersebutlah sekolah dapat menyusun RKS serta dapat memberi masukan perencanaan investasi pendidikan tingkat kab/kota. Bahkan wacana yang berkembang adalah laporan EDS akan menjadi dasar pemberian dana BOS. (mp)

Sumber: LPMP Jawa Barat

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2013 INFO GTK 2 All Right Reserved