Breaking News
Loading...
Jumat, 27 Maret 2015

Juragan Boing, Cerita Rakyat Tema Percintaan dalam Buku Pelajaran SD


Lagi-lagi buku pelajaran mengandung materi tidak pantas ditemukan dalam buku pelajaran SD.  Dalam pelajaran yang termasuk muatan lokal ini menceritakan tentang kisah rakyat Betawi yang berjudul Juragan Boing. Kisah yang bercerita mengenai percintaan itu tidak sesuai bagi anak yang masih duduk di bangku SD.
Juragan Boing, Cerita Rakyat Tema Percintaan dalam Buku Pelajaran SD
image by beritasatu.com
Dedy, salah seorang orangtua siswa khawatir cerita itu akan membuat anak menjadi dewasa sebelum waktunya. Sebab, anaknya, Gita (10) yang merupakan siswa kelas 4 SD Negeri Baru 07 Pagi Cijantung, menanyakan soal istri kedua yang terkait dalam cerita Juragan Boing. "Saya bingung jawabnya apa. Gurunya juga bingung waktu ditanya soal istri kedua jawabnya bagaimana."

Gita menuturkan, ia bersama siswa lain diminta untuk mempraktikan cerita Juragan Boing di kelas. Ia mengaku tidak terlalu memahami isi cerita itu. "Ya, mengerti sedikit. Cuma enggak paham soal istri kedua," tuturnya lugu.

Kisah Juragan Boing ini bercerita tentang seorang juragan bernama Boing yang sangat kaya. Ia memiliki sawah yang luas hingga tidak sanggup mengurus sendiri sawahnya. Juragan Boing pun meminta tolong pada anak buahnya yang bernama Maun. Namun suatu hari Maun sakit dan tidak bisa bekerja, ia pun berkunjung ke rumahnya. Di situlah Juragan Boing jatuh cinta pada anak Maun, yakni Juleha yang berparas cantik. Ia pun meminta izin pada istrinya untuk melamar Juleha. Namun, ternyata Juleha berpacaran dengan Mat Salim, anaknya sendiri. Juragan Boing pun mengurungkan niatnya dan menikahkan Mat Salim dengan Juleha.

beritasatu.com

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2013 INFO GTK 2 All Right Reserved