Breaking News
Loading...
Selasa, 19 Mei 2015

Guru Dituntut Lakukan Terobosan dalam Teknik Pembelajaran

Guru harus mencari terobosan pada setiap proses pembelajaran untuk menumbuhkan minat dan perhatian anak didik. Cara belajar yang sekadar berdiri menyampaikan materi di depan kelas telah sangat ketinggalan zaman.

"Kini eranya digital. Sangat mungkin para guru menciptakan terobosan pembelajaran. Metode pembelajaran yang unik menjadikan materi yang disampaikan juga akan lebih bisa diterima," tutur Wakil Rektor Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) Sri Suciati di sela-sela pelaksanaan Lomba Pembelajaran Inovatif untuk guru SMA dan SMP di kampus Jalan Lontar baru-baru ini. Dikatakan pembelajaran menyenangkan bisa memadukan antara seni dan teknologi informasi.
Seiring dengan itu guru tak boleh pasif. Mereka dituntut inovatif bahkan menumbuhkan inspirasi. Ini juga demi menyesuaikan kondisi zaman yang terus bergerak menciptakan banyak perubahan. Perubahan itu salah satunya kemajuan ilmu dan teknologi yang mempengaruhi dunia pendidikan.

Sumber Informasi

"Sekarang kalau sekadar mencari informasi sangat mudah melalui internet. Ini ikut memengaruhi peran guru yang dulu menjadi satu satunya sumber informasi. Namun, tak boleh lupa guru adalah pendidik yang tak sekadar memberikan informasi melainkan juga menanamkan karakter," imbuh dia. Selain bisa memikat hati siswa, maka metode pembelajaran yang menyenangkan bisa membekas di benak siswa.
Dalam pelaksanaan lomba yang berlangsung dua hari, masing masing peserta menyajikan kemampuan terbaiknya. Misalnya guru SMA PL Don Bosco Semarang Anna Sri Marlupi. Dia menyajikan pembelajaran mapel sejarah dengan diiringi alat musik gitar, papan permainan ular tangga, dan tak ketinggalan laptop.

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2013 INFO GTK 2 All Right Reserved